Sabtu, 30 Januari 2010

PENGAJIAN UST. SAID ALAM

Sabtu, 30 Januari 2010

PENGAJIAN UST. SAID ALAM

Tim mutu guru dan siswa masih eksis untuk menghadirkan acara rutin pengajian yang dihadiri oleh seluruh pengurus sekolah mulai kepala sekolah, guru dan karyawan. Tidak lain bertujuan memantapkan niat bekerja untuk beribadah. Acara yang digelar secara sederhana ini, hanya menyajikan minuman teh botol kepada audien untuk sekedar menghilangkan dahaga. Dengan beginipun acara berjalan dengan khidmat dan penuh makna.

Acara yang digelar di Musholla lantai 2 Sekolah Kreatif SD. Muhammadiyah 20 saat ini (Sabtu, 30 Januari 2010, menghadirkan Ust. Said Alam, seorang mubaligh lulusan teknik Industri ITS Surabaya.

Dalam mengawali  ceramahnya beliau menyampaikan bahwa Islam merupakan agama satu satunya yang diridloi oleh Allah. Karena saat ini disinyalir banyak orang islam yang justru menghancurkan islam itu sendiri karena beragama hanya berdasarkan akal. Maka perlu untuk masuk islam itu secara kaffah. Arti kaffah menurut Ust. Said menerima islam sepenuhnya dengan landasan  iman dan islam.  Serta mengerti tujuan dan manfaat diturunkannya Islam di dunia ini.

Sebagai muslim yang taat tentunya kita harus mempelajari isi Al Qur’an serta mengamalkan dan mengaplikasikan ilmu Al Qur’an tersebut. Karena Al Qur’an merupakan petunjuk jalan yang lurus serta minhajul hayah.  Sebagaimana pesan dari Hamka bahwa ”ilmu tanpa amal bagaikan jasad tanpa ruh”.

Didalam Al Qur’an terdapat berbagai macam ilmu. Ilmu Allah berupa ilmu ynag bersumber pada Al Qur’an dan ayat kauniyah. Dalam mempelajari ilmu tersebut tentunya kita harus menyeimbangkan dzikir dan fikir artinya dua hal ini tidak bisa dipisahkan karena apabila salah satu saja yang dipakai tentu orang tersebut akan banyak berhayal atau menjadi penghayal.

Menyinggung tentang pekerjaan beliau mengatakan bahwa guru merupakan pekerjaan yang mulia, karena guru merupakan agent of change  derajatnya lebih tinggi daripada anggota DPR atau pejabat-pejabat pemerintahan lainnya atau pun pejabat organisasi partai sekalipun. Karena dunia politik adalah dunia yang kerap dengan kebohongan, dusta dan perilaku yang munafik, yaitu berbeda antara apa yang dikatakan dengan yang diperbuat dan yang diyakini. Selanjutnya Ust. Said menambahkan bahwa guru adalah orang yang alim atau berilmu dan profesinya dibanggakan oleh ALLAH. pendapat tersebut sesuai dengan  penjelasan QS. An Nur ayat 55. Menurut Ust. Said Alam  bahwa dalam ayat tersebut seorang guru haruslah menumbuhkan keberanian dalam mendapatkan kekuasaan. Kekuasaan bukanlah sebuah jabatan akan tetapi kekuasaan berlandaskan pada iman dan amal shaleh.


Seorang guru mempunyai tugas yang sangat mulia untuk mendidik tidak hanya mengajar. Karena mendidik merupakan perintah Allah. Selain mendidik tentu juga dakwah dalam menjelaskan ajaran islam sesuai dengan sumbernya yaitu Al Qur’an dan Al Hadits. (N.Huda)

1 komentar:

  1. Assalamu 'alaikum Wr Wb

    Pak Ustad, Tolong dong karpet yang dijadikan alas tidur anak2 kelas 6 waktu mabit dibersihkan dan dijemur di terik matahari krn karpet tersebut berbau dan menimbulkan gatal2 di kulit.

    Wassalam

    BalasHapus