Sabtu, 02 Januari 2010

PAWAI TA'ARUF KKG-PAI

Koblen Kidul - Sekolah Kreatif SD. Muhammadiyah 20 Surabaya, turut serta dalam acara Pawai Ta’aruf memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1431 Hijriyah, yang diselenggarakan oleh KKG-PAI (Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam) dibawah naungan Unit Pelayanan Teknis Dinas Pendidikan Nasional daerah Surabaya, yang diadakan pada hari Sabtu, 2 Januari 2010  di halaman Kantor UPTD-BPS. 

Pawai Ta’aruf yang dilombakan ini diikuti oleh perwakilan dari seluruh sekolah dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) se-kecamatan Bubutan, termasuk Sekolah Dasar Negeri (SDN) dan Sekolah Dasar Swasta (SDS). Tercatat sejumlah 35 perwakilan sekolah yang hari ini mengikuti acara pawai ta’aruf, diantaranya 13 kelompok peserta dari SDN dan 22 kelompok peserta dari SDS. Jumlah peserta dalam tiap kelompok terdiri dari 20 anak, menggunakan kostum yang seragam dan unik di tiap kelompoknya, seperti tampilan oleh kelompok dengan nomer urut 014, siswa-siswi kelas 5 Alfa Edison dan Carolous Linneaus, perwakilan dari Sekolah Kreatif SDS. Muhammadiyah 20 yang berkostum ala rombongan kloter jamaah Haji dengan setelan putih putih dimaknai sebagai simbol Kesucian dan Kebersihan  diilustrasikan pula dalam demonstrasi tulisan  serta gambar Satukan Hati Bersihkan Negeri dari Syetan2 Berdasi dan Di Tahun Baru ini Basmi Korupsi dari Bumi Pertiwi, di barisan depan ada Warok Singomenggolo yang memimpin rombongan. Dari kelompok lain ada yang memakai kostum seperti Wali Songo dan pengikutnya, ada yang tampil bagai pasukan kerajaan, ada lagi yang tampil seperti rombongan penari memakai baju adat, dan masih banyak lagi.

Dalam susunan acara yang dibacakan oleh MC Bapak Drs. Artantib, menyebutkan tidak hanya ada Pawai Ta’aruf saja, melainkan akan ada acara pentas puisi, hadrah, samroh, pidato 3 bahasa dan pencak silat Saolin, yang akan dibawakan oleh siswa-siswi perwakilan diantaranya dari SDS. Uswatun Hasanah, SDS. Dupak Masigit (DUMAS), SDS. Halimah dan SDS Thohir Bahri, serta SDN Jepara I dan SDN. Alun-Alun Contong. Menurut keterangan Drs. Sapudji, selaku Ketua Panitia Acara Pawai Ta’aruf II pada tahun ini, dalam sambutannya yang pertama menyampaikan harapan dan tujuan dari acara ini agar anak-anak sejak dini harus tahu tentang Tahun baru Hijriyah dan mengenal bulan-bulan dalam kalender tahun hijriyah. Sedangkan sambutan yang kedua oleh Bapak Kepala Unit Pelayanan Teknis Daerah – Badan Pengelola Sekolah (UPTD-BPS), Drs. Hafidz Muhtar, M.Si. mengatakan agar kebersamaan antar sekolah tetap terjalin erat dan rukun dengan bersama-sama bersaing sehat untuk selalu meningkatkan kualitas pendidikan dan sekolah serta sumber daya manusia yang sudah ada. Dalam kesempatan sambutan ini pula, Pak Hafidz, panggilan akrabnya, membuka dan melepas 35 kontingen peserta pawai ta’aruf yang sudah diatur susunan barisannya sesuai nomor urut. Turut pula menyaksikan tamu undangan dari jajaran pengurus kantor Kecamatan dan Koramil Surabaya.

Pada kesempatan lain, Bapak Supriyanto, S.Th.I, selaku Ketua II Panitia Pawai Ta’aruf, menjelaskan bahwa yang terpenting dari lomba pawai hari ini adalah, seluruh peserta akan dinilai berdasarkan penampilannya yang unik, kreatif dan kompak sesuai tema, yaitu Dengan Peringatan Tahun Baru Hijriyah, Kita Tingkatkan Iman dan Taqwa dan Ukhuwah Islamiyah Keluarga Besar Dinas Pendidikan dan Lembaga SD/MI Dilingkungan UPTD-BPS Kecamatan Bubutan. Ditambahkan Supri; Dalam penjurian dilapangan akan dinilai langsung oleh Bapak Ketua UPTD-BPS, Drs. Hafidz Muhtar, M.Si. dan Bapak Pengawas Pendidikan Agama Islam (PPAI) Kecamatan Bubutan, Bp. Agus Supriyadi, M.Ag.
Selanjutnya, Supri panggilan akrabnya, yang sekaligus seorang Guru (ustad) Al Islam di Sekolah Kreatif SD. Muhammadiyah 20, menerangkan rute yang akan ditempuh oleh seluruh peserta dimulai (Start) dari : Halaman Kantor UPTD Dinas Pendidikan Nasional kota Surabaya di Jl. Koblen Kidul No.6 melewati Jalan Bubutan – Pringadi - Semarang – Kranggan – Bubutan – dan (Finish) Kantor UPTD.

Tampak disini guru Sekolah Kreatif SD. Muhammadiyah 20 mendampingi rombongan murid-muridnya dengan sabar dan telaten menyusuri Jalan Semarang dan Jalan Bubutan, didepan barisan tampak Ustadah Linda, Ustadah Arum, Ustadah Nita dan Ustadah Laili, sedangkan Ustad Iir dan Falih dengan mengendarai sepeda motor membawa air mineral untuk antisipasi apabila ada siswa yang haus atau tidak kuat lagi berjalan kaki. Ustad Huda turut mengabadikan anak-anak yang bersemangat, berjoget ala warok oleh Nasrul, menyanggah gambar-gambar dan pesan-pesan anti korupsi, yang dibawa oleh Haqqi, Aryo, Zia, Sabai, Mimi dan Vena, letih menahan kayu panji-panji Sekolah Kreatif oleh Affa, Hisyam dan Filki, serta Assa dan Fia yang sesekali menari sambil membaca puisi.
Kurang lebih satu jam perjalanan, acara yang tadinya dimulai pukul 07.00 WIB dengan pembukaan oleh panitia acara, serta sambutan-sambutan. Sekitar 07.15 WIB diberangkatkan dan para peserta mulai tiba kembali (FINISH) sekitar pukul 08.15 WIB, rombongan kreatif 20 tiba langsung dikoordinasi ustad dan ustadahnya dan mencari tempat teduh untuk minum dan makan nasi kotak yang telah siap untuk dimakan. Tiba-tiba hadir Ustad Hanif ditengah anak-anak saat makan bersama, menyapa dan langsung berkoordinasi dengan semua guru pendamping. Tampak pula Ustad Achung di kantor UPTD Diknas yang sekitar satu jam ngobrol dan mewawancari Ketua Panita Acara Bapak Sapudji dan Ustad Supriyanto, untuk menggali informasi berita sebagai warta di dunia maya dengan situs blog : www.sekolahkreatifmuh20sby.blogspot.com  (Achung)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar