Minggu, 14 Februari 2010

OLYCON 2010

MalangPada ajang tahunan bertajuk National Olympiad and International Conference (Olycon) 2010 telah memasuki tahun ke V. Dalam penyelenggaraannya kali ini Majelis Dikdasmen P.W.M Jawa Timur masih tetap mempercayakan pelaksanaan acara ini di DOME Universitas Muhamadiyah Malang (UMM). Olimpiade ini diikuti 976 sekolah (SD-SMA/SMK) se-Indonesia. Olycon ini dilaksanakan sebagai bentuk apresiasi terhadap kreatifitas dan keilmuan sekolah-sekolah di lingkungan Majelis Dikdasmen.

Pada momen kali ini Sekolah Kreatif SD. Muhammadiyah 20 turut berpartisipasi mengikuti ajang lomba Al Islam, Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab (ISMUBA), Sains dan Matematika. Dengan mengendarai 3 mobil, tim peserta lomba yang didampingi pembinanya, Ustad Huda dan Ustadah Arum, meluncur ke Malang, tepatnya ke Universitas Muhammadiyah Malang. Rencananya, Tim yang berangkat sore hari ini (5/2/2010) akan menjemput rekannya yang lebih dulu berangkat yaitu Tim Nasyid, dalam latihan gladibersih untuk acara pentas musik Olycon besok hari, yang berkolaborasi dengan SD Kreatif 16. diantara yang dijemput adalah Faisal, Rosyid, Erwin dan Nasrul serta Ustad Iir, yang akan langsung diboyong ke Villa Jasmine, Base Camp sewaan tim kreatif 20. Tapi sebelum tiba di Villa, anak-anak perutnya sudah keroncongan, maka sopir yang terdiri dari Ust. Hanif, Ust. Ashari dan Pak Joko langsung menuju ke RM. Cui Mie Khas Malang. Setelah kenyang, mobil pun meluncul ke villa Jasmine, tempat penginapan. Hawa dinginpun menusuk-nusuk tapi tidak menyurutkan semangat para peserta. Setelah sholat berjamaah, para Ustad membekali mental para peserta. Tim mengkerucut menjadi tiga kelompok, check materi yang telah diajarkan. Setelah itu menghimpun tenaga, untuk tidur.

Tanggal 6 Januari 2010.

Setelah sholat subuh berjamaah dan penguatan mental. Semua tim bersiap menuju DOME UMM untuk mengikuti pembukaan Olycon oleh wakil Gubernur Jawa Timur, Syaifullah Yusuf. Setelah acara dibuka para peserta menuju ruang ujian yang telah ditetapkan, didampingi ustad dan ustadzah. Babak penyisihan dimulai pukul 10.30-12.15. Semuanya siap dan pertempuran dimulai. Saat para peserta melaksanakan kegiatan babak penyisihan. Konferensi di DOME dimulai. Ustad Hanif dan Ustad Ain menghadiri acara tersebut. Ditengah acara konferensi, Tim Nasyid dari Kreatif 20 pun mengisi kemeriahan acara tersebut.

Dalam konfrensi Internasional tahun ini tema yang diusung adalah sains dan teknologi dan para narasumbernya adalah Yasuki Odoko Konsulat Jendral (Konjen) Jepang di Surabaya, Wang Hao Gen Konjen Cina di Surabaya, Kathe Kirbe Asia Educations Foundations (Yayasan Pendidikan Asia) dari Australia. Dan ada dua pembicara dari dalam negeri, yaitu Imam Robandi Pimpinan Ketua Majelis Dikdasmen Muhammadiyah Jatim dan Achmad, penerima penghargaan perpustakaan nasional 2009 dengan perpustakaan digital yang diakui dalam skala Internasional.

Setelah menyelesaikan tes tulis dalam babak penyisihan, para peserta menunggu hasil yang diperoleh dengan makan siang terlebih dahulu yang telah disediakan oleh panitia, sholat dhuhur dan azhar pun dijamak. Kemudian, hasil dari pengumumannya :

Tim Ismuba yang terdiri dari Haqqi-Fauzia dan Ryan–Fia, berhasil lolos babak semifinal. Sedangkan kelompok Mia–Afis, serta Tim Matematika yang terdiri dari Hanif kelas 4 Al Farizi, Virgha dan Hero kelas 5 Thomas, gagal. Kegagalan pun dialami oleh Tim Sains yang terdiri dari Nada kelas 4 Aljabar, Salsa dan Rifqi kelas 5 Thomas.

Tim yang gagal langsung menuju villa jasmine. Rasa penyesalan pun tampak pada mereka. Tetapi sebuah power besar diujung penyesalan itu adalah semangat untuk lebih baik lagi untuk pertempuran olimpiade-olimpiade nasional di tahun berikutnya.

Tim ismuba yang lolos ke babak semifinal terus melanjutkan pertempurannya, meskipun berujung ketidakberuntungan. Tim yang digawangi oleh Ustad Huda, Ustad Suprianto dan Ustad Ain terus memacu adik-adik penerusnya untuk melanjutkan jejak-jejak mereka.

Keesokan paginya, Tanggal 7 Februari 2010, karena villa tidak jauh dengan pasar songgoriti. Anak-anak dan pendamping menghabiskan waktu untuk berbelanja dan menikmati tempat wisata songgoriti sebelum pulang menuju Surabaya. sampai di Surabaya pukul 13.00 WIB. (Arum)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar